Sabtu, 15 Desember 2012

Harga Kayu Jabon per Batang/ per Pohon

Harga kayu jabon per batang sering ditanyakan oleh teman-teman dan klien kami tetapi selama ini kami tidak pernah mau menjawabnya karena patokan harga memang bukan pada "harga per batang" tetapi patokan harga kayu jabon ada pada kubikasi, kami selalu mengatakan bahwa harga kayu ke pengguna/industri  itu per meter kubik bukan per batang atau per pohon.



Tidak sabar membaca tulisan ini? oke "JAWABAN CEPAT"-nya Rp.500.000 per batang. tetapi kami sarankan anda membaca tulisan ini secara keseluruhan.

Sebagian dari kita pasti ada yang menyanggah pernyataan saya di atas bahwa "harga kayu per kubik, bukan per batang", mungkin ada menyanggah saya dengan sebuah ungkapan "tetapi biasanya orang beli per batang kok".

BETUL, para pedagang kayu tentu akan membeli per batang tetapi mereka menjualnya per meter kubik, para pedagang ini dalam istilah jawa membeli dengan model "tebasan", tebasan, menebas /spekulan atau penjelasan bahasa Indonesianya "pedagang membeli dengan sebuah tafsiran atau asumsi, para pembeli ini membuat perkiraan dan spekulasi satu batang akan jadi berapa kubik, dari situ para pedagang membuat harga beli pada kayu kita". Para pedagang tebas ini biasanya menjual kepada supplier pabrik, kemudian supplier pabrik bawa ke pabrik.
pengangkutan kayu jabon


Kalau kayu yang kita punya cuma 10 atau 20 pohon tentunya akan kita jual dengan pedagang tebasan ini, tetapi kalau kita punya ribuan pohon jabon  dengan investasi yang tidak sedikit tentunya akan lebih baik kita jual ke pabrik langsung atau setidaknya ke supllier pabrik sehingga mendapatkan harga yang lebih bagus.

Dalam tulisan kali ini saya akan memberikan jawaban mengenai "harga kayu jabon per batang"  dengan pendekatan yang sederhana.

Sebelum saya berikan gambaran harga kayu, mari kita ingat 5 hal ini baik-baik ..

  1. Harga kayu sengon per batang tentunya tergantung pada besarnya  kayu (diameter kayu)
  2. Besarnya batang kayu (diameter kayu) tentunya juga tergantung pada umur kayu
  3. Juga ditentukan oleh ketinggian pohon tersebut
  4. jarak tanam dan kondisi lahan, bibit, air dan cahaya
  5. Dan..... sayangnya... umur kayu juga masih tergantung pada perawatannya...... RAWAT POHON ANDA BAIK-BAIK, selanjutnya mari berhitung.
Hitungan Harga Kayu jabon per Batang
  1. Jika umur kayu anda + 6 tahun dan perawatan yang standar
  2. Maka kita bisa berharap diameter kayu di atas 25 cm
  3. Jika diameter kayu anda 25 cm ke tinggi 7 sd 12 atas maka 1 pohon akan menghasilkan sekitar 0,3 s/d 0,6 m3 log super yang lurus.
  4. Jika harga kayu Rp.1.100.000 per m3 maka harga kayu per pohon antara Rp.300.000 s/d Rp.620.000, tentunya anda akan ambil tengah-tengahnya sebagai asumsi yaitu Rp.500.000. (belum dipotong ongkos tebang dan angkutan ke pabrik )
Kembali, sebelum kita berharap harga kayu jabon kita, sebuah pertanyaan harus dilemparkan kepada kita dulu "apakah kita merawat pohon kita dengan baik?" karena beda perawatan beda hasil. Sebatang pohon dengan perawatan baik jauh berbeda dengan pohon yang diumbar, sehingga ungkapan di bawah ini menjadi semacam kritikan buat diri kita...

"kalau kita berbuat baik pada tanaman pasti tanaman akan berbuat baik pada kita, tetapi kalau berbuat baik kepada manusia, jangan harapkan manusia tersebut akan berbuat baik kepada kita! belum tentu.. berbuat baik kepada  manusia lebih baik di-ikhlaskan daripada sakit hati"

5 komentar:

  1. wacana yang sangat menarik :-)

    BalasHapus
  2. saya mau tanya pohon kayu apa yng mahal harganya...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. POHON NYATOH,,SONOKELING,,MERBAU,,,EBONY,,,JATI TAPI MASA PANENNYA BISA SAMPAI 20 TAHUN

      Hapus
  3. Informasi yang luar biasa bermanfaat.apakah saya bisa mendapat info, berapa meter potongan yg ideal biasa diterima oleh pabrik? Terima kasih sekali lg

    BalasHapus
  4. kalo harga log Rp. 1.100.000/m3 harga yang super mahal dan tidak rasional, teliti sebelum berinvestasi, jangan terpengaruh bujukrayu

    BalasHapus

Berikan KOMENTAR POSITIF !!! Ada yang bagus dengan artikel diatas? Atau anda punya opini sendiri? Atau mungkin ada pertanyaan yang mengganjal dalam pikiran anda? Berikanlah sebutir kata dan komentar.Karena ilmu itu harus digali dan di bagi kepada sesama. Oleh karena itu utarakan semua yang ada dibenak anda. Jangan hanya
diam dan terpaku.
BLOG INI DO FOLLOW