Jumat, 09 Desember 2011

KEMATIAN MASSAL BIBIT JABON AKIBAT SALAH PEMILIHAN BIBIT JABON

Sangat penting, Kehati-hatian memilih bibit jabon sangat menentukan hasil selanjutnya. banyak sudah pihak yang menjadi korban dari pemilihan bibit jabon yang di namakan jabon pithi diantaranya adanya kematian massal bibit jabon di lahan .  bibit jabon pithi ini memiliki bentuk yang batangnya kecil seperti lidi dan apabila ditanam daunnya langsung rontok dan mati.
bibit pithi kuning, lebih kecil dan kuning batangnya dari bibit ini




disini bisa kami laporkan ,didaerah Kabupaten Kendal Proyek penanaman bibit jabon yang menggunakan bibit jabon pithi ini mengalami kematian mencapai 90 persen. laporan masuk dari Palembang, Jabar, Lampung , Jatim dan daerah lain mengenai kematian massal penanaman jabon ternyata hampir sebagian besar adalah karena kesalahan pemilihan bibit.
  Bibit jabon pithi kuning ini sebetulnya sudah layak buang, tapi alangkah teganya ada oknum oknum yang bermain dan menjual bibit jabon kuning dengan harga murah untuk keuntungan pribadi.
bibit pithi  ini berciri ciri khusus sbb :

1.batang kecil seperti lidi
2. ketinggian diatas 60 cm
3.batangnya kuning
4.daunnya tinggal sedikit diatas

Bisa kita bayangkan, bibit yang sekarat ini bila i ditanam maka hasilnya daun akan rontok dan tanaman jabon anda akan segera mati. ditempat kami bibit jabon pithi kuning seperti ini tidak kami jual tetapi kami buang, bahkan untuk membagi bagikan gratis pun kami tidak tega, jadi apa anda mau mebuktikan adanya bibit jabon pithi kuning tersebut???
 mau hemat malah ngorot.
laporan terbaru, bibit pithi kuning ini kembali menelan korban, di Kabupaten Subang dan Palembang, ratusan ribu bibit jabon kuning ini mati total, hampir 90 persen. ayo kita benar benar memperhatikan pemilihan bibit jabon

1 komentar:

  1. sy mempunyai pohon jabon, usia 15 bulan tetapi daun'y rontok smua.
    mohon Inpormasi cara menanggulangi penyakit tersebut ?

    BalasHapus

Berikan KOMENTAR POSITIF !!! Ada yang bagus dengan artikel diatas? Atau anda punya opini sendiri? Atau mungkin ada pertanyaan yang mengganjal dalam pikiran anda? Berikanlah sebutir kata dan komentar.Karena ilmu itu harus digali dan di bagi kepada sesama. Oleh karena itu utarakan semua yang ada dibenak anda. Jangan hanya
diam dan terpaku.
BLOG INI DO FOLLOW