Selasa, 01 November 2011

Akhirnya , terobosan panen kayu Jabon oleh CV Jabon Kendal

Panen kayu jabon merupakan masa yang paling ditunggu sekaligus manakutkan bagi sebagian petani. Ditunggu sebab dari hasil tanaman yang mereka pelihara, akan mendatangkan uang sebagai penghasilan mereka. Menakutkan, sebab tidak semua petani tahu harus kemana menjual hasil panen kayu jabon mereka tersebut.

Dalam menghadapi kondisi ini, CV Jabon Kendal Sejahtera memberikan solusi kepada para petani jabon. Hal ini khususnya bagi mereka yang sebelumnya mempercayakan CV Jabon Kendal Sejahtera sebagai penyedia bibit jabon pada lahan yang mereka garap.


Pohon Jabon siap panen usia 6 tahun, meranggas waktu kemarau saat foto ini diambil, november ini sudah menghijau kembali setelah 2 minggu hujan

Komitmen ini merupakan bentuk tanggung jawab moral dari CV Jabon Kendal Sejahtera, khususnya dalam proses pelayanan purna jual bibit. CV Jabon Kendal Sejahtera tidak hanya memikirkan tentang penjualan bibit, namun juga memberikan fasilitas untuk menyalurkan hasil panen kayu jabon dari petani. Dengan demikian, petani yang membeli bibit dari CV Jabon Kendal Sejahtera tidak perlu bingung memikirkan kemana menjual hasil panen mereka.
Hal ini sebagaimana yang diajarkan oleh beberapa pakar pemasaran dunia, bahwa dalam konsep bisnis hal utama adalah bagaimana sebuah produk bisa terjual. Bisnis bukan sekedar berbicara tentang bagaimana membuat produk. Sebab, produk sebagus apapun tanpa diimbangi kemampuan menjual ke pasar maka produk tersebut akan sia-sia saja.
Oleh karena itu, CV Jabon Kendal Sejahtera melakukan identifikasi pemasaran agar pada nantinya bisa bermanfaat bagi pengembangan dan pemasaran hasil panen kayu jabon dari petani. Ada tiga hal yang dilakukan, yaitu :
1.     Menentukan target market, beserta ukuran pasar dan kekuatan harga.
2.     Menemukan kendala yang ada di lapangan
3.     Mencari solusi serta mengubah hambatan menjadi sebuah peluang.
Pohon jabon siap panen, waktu kemarau akan menggugurkan daun untuk mengurangi penguapan



Dalam kondisi ini, CV Jabon Kendal Sejahtera mendapatkan peluang emas, ketika kebutuhan akan kayu Jabon selalu mengalami defisit. Setiap bulan, CV Jabon Kendal Sejahtera membuthkan 100 ribu meter kubik untuk memenuhi permintaan pasar.
Kebutuhan tersebut sedikit terpenuhi ketika datang penawaran dari salah satu kawasan di Jawa Barat. Dimana di atas tanah seluas hampir 70 Ha, tumbuh pohon jabon yang berusia 6-8 tahun. Diameter pohon jabon tersebut berkisar antara 20-70 cm yang sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar.
Untuk itu, CV Jabon Kendal Sejahtera sudah menyiapkan rencana untuk menebang dan menyalurkan kepada perusahaan yang membutuhkan. Proses ini akan dilakukan secara bertahap guna menjaga kontinounitas serta proses reboisasi tanaman. Ke depan, setelah proses ini selesai, CV Jabon Kendal Sejahtera akan memberikan laporan secara lengkap, sebagai gambaran petani jabon mengenai peluang yang ada dalam berbisnis pohon jabon tersebut.

3 komentar:

  1. Bagaimana prosedur untuk menjual hasil tanaman kayu kita, apakah harus ada izin dari Dinas kehutanan setempat atau instansi lainnya,agar tidak ditangkap polisi saat membawa hasilnya. Terimakasih.

    BalasHapus
  2. saya berminat..tapi katanya memerlukan ijin kah ketika kita hendak menjualnya kembali.
    thanks

    BalasHapus
  3. Pak ardha saya mau tanya,saya ini baru mau mulai menanam jabon, luas lahan saya kurang lebih 2 ha dan berada di pinggir sungai.ideal nya berapa batang yang bisa di tanam dan ukuran antara tiap batang itu berapa pak?
    kalau jenis tanaman ini apakah ada hama yang menganggu nya seperti babi,kera dll
    makasih pak

    BalasHapus

Berikan KOMENTAR POSITIF !!! Ada yang bagus dengan artikel diatas? Atau anda punya opini sendiri? Atau mungkin ada pertanyaan yang mengganjal dalam pikiran anda? Berikanlah sebutir kata dan komentar.Karena ilmu itu harus digali dan di bagi kepada sesama. Oleh karena itu utarakan semua yang ada dibenak anda. Jangan hanya
diam dan terpaku.
BLOG INI DO FOLLOW