Minggu, 14 Agustus 2011

cara semai jabon ( jual benih jabon )

jual benih jabon : sebetulnya menyemai benih jabon atau biji jabon itu bukanlah hal yang terlalu rumit dan cukup mudah untuk dipelajari .yang dibutuhkan adalah  sedikit ketelatenan dan dan sedikit keberanian dalam penyemaian benih atau biji jabon tetapi asalkan kita punya tekad kuat untuk mau belajar dan mencoba hal itu mudah dilakukan .ada beberapa  langkah yang sederhana yang perlu kita perhatikan dalam penyemaian benih  jabon antara lain :

Hari pertama : persiapan lahan dan media Siapkan media penyemaian yang steril dan bebas dari biji rumput dan jamur yang nantinya bisa menggangu pertumbuhan,bisa menggunakan tanah halus yang diayak atau menggunakan tanah endapan lumpur sungai. Sementara untuk penaburan  bisa menggunakan media kotak,polybag tanah ataupun guludan.untuk guludan dibuat menggunung sehingga bebas dari terjangan genangan air hujan. Perlu diperhatikan juga ancaman dari ayam maupun tikus yang berseliweran.
semai7 300x224 Tahapan dalam proses penyemaian biji jabon
penjemuran benih jabon
Hari ke- 2 : penaburan biji jabon Sebelum biji atau benih jabon ditabur perlu dijemur selama 1-2 jam agar mengurangi kelembaban dan mengaktifkan biji jabon tersebut. Sebelum mulai penaburan media tanam disiram air sampai jenuh tetapi jangan sampai menggenang. Setelah disiram benih jabon / biji jabon ditabur secara merata diatas media.dilanjutkan dengan penutupan dengan plastik dan paranet untuk menjaga kelembaban media dan melindungi dari sinar matahari langsung dan air hujan.media penaburan benih dijaga jangan sampai kering.
semai5 300x225 Tahapan dalam proses penyemaian biji jabon
persiapan lahan untuk penyemaian dibuat guludan
Hari ke- 5 atau ke – 6 : perlakuan Di hari ke-6 paranet dibuka separuh ,kontrol kelembaban media dan penyiraman dengan semprotan halus supaya media menjadi lembab.
Hari ke 8-10 :     pengontrolan
Media dikontrol kelembabanya seperti langkah di hari ke-5 atau ke -6
Hari ke 10-14 : pengecekan pertumbuhan                                                                                    Biasanya biji/benih jabon sudah mulai tumbuh di hari ke-10 sd hari ke-14 meskipun belum merata,pertumbuhan merata akan terjadi di hari ke 21 setelah penaburan biji.semai4 300x295 Tahapan dalam proses penyemaian biji jabonHari ke -11 sd hari ke 21 Setelah biji jabon mulai tumbuh setiap pagi antara jam 8-11 pagi benih dibuka sungkup dan paranetnya setiap pagi guna dilakukan penyiraman dan pemanasan serta penyemprotan fungisida dosis rendah.penyiraman gunanya mencegah kekeringan,pemanasan dan penyemprotan fungisida digunakan agar benih cepat tumbuh dan tidak terkena jamur.
semai2 300x224 Tahapan dalam proses penyemaian biji jabon
dihari ke - 10 sd 14 biasanya biji jabon sudah mulai tumbuh
Hari ke -24 keatas Benih jabon sudah mulai berdaun agak lebar,perlakuan seperti langkah ke 6 diulangi serta diadakan penyiangan rumput.
Untuk langkah selanjutnya akan dibahas diartikel yang akan datang ,penyemaian seperti langkah diatas akan lebih efektif lagi bila dilakukan secara telaten dan kami juga menyediakan benih jabon super yang terbukti dari sekitar 300 an pengambilan dari konsumen kami,hampir 95 persen mengalami keberhasilan yang mengagumkan,selamat belajar menyemai benih jabon  atau biji jabon      
jual benih jabon

12 komentar:

  1. muantaaabbb...!!!
    Pengen bnget gw nyoba nih & kaya nya ga terlalu ribet jg yah.
    Thx bwt yg udh bikin artikel ini.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. oke akan saya coba...tapi di sangrai dulu ga biji jabonnya?

      Hapus
  3. terima kasih informasinya. sangat bermanfaat bagi siapa saja yang berminat mengembangkan usaha pembibitan jabon

    BalasHapus
  4. Terbukti....saya sudah mencoba dan hasilnya memuaskan

    BalasHapus
  5. Terbukti...alhamdulillah saya berhasil

    BalasHapus
  6. Bos sy dr kalimantan,waktu itu sy beli benih dgn bpk... Disertai buku petunjuknya... prosesnya sdh sy lakukan tp sampai sdh stgh tahun ini tidak ada yg tumbuh atau tdk ada hasilnya..apkh benihnya busuk???mhn ptnjknya

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakm komplain saja nanti kami ganti, krm saja nama alamat lengkap anda dan no hp

      Hapus
  7. Pak saya dari Jambi, rencana mau mesen benih jabon, kira2 bisa ngak pak dikirim k jambi dan berapa harga benihnya 1 kg..?

    BalasHapus
  8. sangat membantu sekali, saya pernah menyemai benih dari buahnya langsung tapi tidak tumbuh, kenapa bisa seperti itu? tlg penjelasannya, terima kasih

    BalasHapus

Berikan KOMENTAR POSITIF !!! Ada yang bagus dengan artikel diatas? Atau anda punya opini sendiri? Atau mungkin ada pertanyaan yang mengganjal dalam pikiran anda? Berikanlah sebutir kata dan komentar.Karena ilmu itu harus digali dan di bagi kepada sesama. Oleh karena itu utarakan semua yang ada dibenak anda. Jangan hanya
diam dan terpaku.
BLOG INI DO FOLLOW