Minggu, 13 Maret 2011

Kelebihan Kayu Jabon

Dewasa ini, semakin banyak orang yang mulai melirik budidaya Jabon sebagai salah satu pilihan investasi mereka. Hal ini karena adanya pandangan dari para petani Jabon yang meyakini bahwa investasi di bidang budidaya Jabon ini akan memiliki prospek cerah di masa mendatang. Salah satunya, karena adanya perhitungan Return On Investmen atau ROI yang terhitung cukup singkat.


Titik impas ini akan cepat diperoleh karena jarak masa tanam dan panen dari Jabon yang tidak terlalu lama. Selain itu, modal yang dibutuhkan sangatlah kecil apabila dibandingkan dengan nilai keuntungan yang akan didapat petani saat musim panen Jabon telah tiba. Biasanya waktu panen Jabon hanya sekitar 6 tahun. Bandingkan dengan budidaya tanaman lain yang membutuhkan waktu lebih lama untuk bisa memasuki usia panen.

Di sisi lain, prospek yang demikian cerah ini tidak selamanya berjalan dengan mulus. Hal ini terkait dengan adanya beberapa pihak yang masih meragukan akan konsep bisnis Jabon, sehingga tak jarang isu tak sedap pun digelontorkan pada mereka yang hendak memulai bisnis Jabon ini. Seperti adanya pernyataan yang meragukan kualitas Jabon serta menganggap isu bibit Jabon ditiupkan oleh para pedagang seperti pernah terjadi ketika musim tanaman Jenmani sempat menjadi buah bibir. Demikian pula, ada rasa khawatir di kalangan petani jika kasus sengon buto kembali terulang. Di mana pada saat itu, jenis kayu sengon buto yang memang berukuran besar namun tidak laku di pasaran.

Namun, bagi Anda yang hendak menjadikan Jabon sebagi pilihan berinvestasi, tidak perlu khawatir. Sebab pada dasarnya dalam sebuah bisnis, isu negatif merupakan hal yang wajar. Namun hal tersebut tidaklah perlu dikhawatirkan dan ditanggapi serius. Justru hal tersebut harus bisa dijadikan semangat untuk membalikkan semua tudingan miring tersebut.

Kelebihan Jabon
Mengenali Jabon secara mendalam merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meyakinkan diri tentang bisnis Jabon adalah sebuah pilihan yang tepat. Salah satunya dengan mengetahui secara detail tentang beberapa kelebihan yang dimiliki Jabon yang tidak terdapat dalam jenis tanaman lain. Hal ini penting untuk meyakinkan para petani itu sendiri serta untuk memperkenalkan kualitas bibit Jabon pada calon konsumen pada saat panen. Dengan demikian, konsumen akan menjadi tertarik memilih Jabon daripada kayu lainnya.

Beberapa kelebihan Jabon di antaranya :

1. Kayu jabon sangat bagus dibuat mulai dan belakang kayu lapis (face and back). Hasil log yang dimasukkan ke dalam mesin rotari menghasilkan vivir basah yang kualitasnya di atas sengon. Bahkan kayu Jabon ini pada nantinya sudah diproyeksikan untuk menggantikan meranti sebagai bahan baku kayu lapis.

2. Kayu jabon sangat bagus sebagai bahan konstruksi. Seperti untuk membuat kusen rumah atau  perlengkapan lainnya. Selain itu, Jabon pun bisa diukir untuk memperindah penampilannya. bandingkan jika bahan kayu yang digunakan terbuat dari Sengon dan diukir, hal ini akan menyebabkan kayu menjadi rusak. Dan pemanfaatan Jabon sebagai bahan ukiran, sudah digunakan pada beberapa perusahaan mebel.

3. Kayu jabon yang tidak terpakai bisa dibuat papan partikel (mdf) atau bubur kertas. Sementara Jabon yang berkualitas paling rendah bisa dimanfaatkan untuk membuat balken, papan buah, peti, sumpit dan sebagainya.

4. Cabang batang yang dimiliki Jabon tidaklah sebanyak jenis tanaman lain seperti kayu Sengon Buto. Di mana pada kayu Sengon Buto, pada ketinggian 1,5 m saja sudah memiliki cabang yang akan menyulitkan jika kayu akan diolah untuk berbagai keperluan.( Bersambung)

Mau tahu Kelanjutannya? baca saja di edisi selanjutnya.

3 komentar:

Berikan KOMENTAR POSITIF !!! Ada yang bagus dengan artikel diatas? Atau anda punya opini sendiri? Atau mungkin ada pertanyaan yang mengganjal dalam pikiran anda? Berikanlah sebutir kata dan komentar.Karena ilmu itu harus digali dan di bagi kepada sesama. Oleh karena itu utarakan semua yang ada dibenak anda. Jangan hanya
diam dan terpaku.
BLOG INI DO FOLLOW