Sabtu, 01 Januari 2011

Pengemasan Bibit Jabon Cabutan



Setelah kami melakukan banyak pengiriman bibit jabon cabutan,kami akhirnya melakukan analisa dan evaluasi pekerjaan,dalam pengiriman ini kami menemukan bahwa bibit jabon yang optimal untuk dikirim dengan tanpa media tanah adalah berukuran 3 sd 7 cm,kenapa?karena dari hasil pengalaman konsumen bibit jabon yang terlalu tinggi,diatas 10 cm apabila dikirim dengan tanpa media tanah banyak yang mati/stress karena akar yang tercabut dari tanah terlalu banyak.


Untuk mendapatkan hasil yang optimal,kami sarankan konsumen yang akan memesan bibit jabon cabutan dari kami menyediakan polybag ukuran diameter minimal 10 cm dan diisi tanah serta kompos dengan perbandingan 5:1,dan naungan dari paranet atau daun aren/kelapa/rumbia.
Naungan digunakan sampai bibit jabon berusia 15 hari setelah tanam ,sedangkan perawatan yang digunakan sangatlah sederhana antara lain :

1. pemupukan jabon dengan npk dosis 1-2 gram per polybag dilakukan hari ke 7 dan hari ke-20
   setelah  Pemindahan.
2. Penyemprotan pupuk daun dan fungisida serta instektisida menyesuaikan dengan keadaan
   tanaman bisa 3 hari sekali atau 5 hari sekali.
3. penyiraman dilakukan pagi hari dan sore hari,dibawah jam 9 pagi dan diatas jam 3 sore.
4. bibit jabon bisa ditanam setelah memiliki tinggi minimal 25 cm sd 40 cm,biasanya di hari ke 40 sd
   50 setelah tanam.


Sedangkan cara pengemasan bibit Jabon cabutan kami menggunakan formulasi pegkerdilan sampai bibit jabon kaku, kemudian bibit jabon dicabut secara berhati-hati,dicuci bersih dan dikemas dalam kotak khusus yang dikedap udara dan mampu menahan kelembaban bibit,menurut pengalaman kami bibit jabon yang dikirim dengan tanpa media ,DALAM 5 HARI PER 1 RB BIBIT MENGALAMI KERUSAKAN KURANG LEBIH 100 BATANG. Tentunya kalau kurang dari 5 hari kerusakan bisa jauh lebih sedikit.
Dengan pengiriman melalui paket JNE rata rata daerah di luar pulau Jawa bisa ditempuh 2-3 hari untuk kota propinsi dan 4-5 hari untuk kabupaten.sedangkan untuk kota di Pulau Jawa bisa ditempuh dalam waktu 1-2 hari.
   Cara pemesanan bibit Jabon cabutan kami sarankan anda menyiapkan dulu polybag diisi tanah dan naungan,setelah melakukan pemesanan dan order ke kami melalui telpon atau sms/email ke kami.dalam waktu 5 sd 10 hari kerja barang akan kami kirim karena memerlukan waktu penyiapan dan ketersediaan stok bibit jabon cabutan.
artikel  terkait :

2 komentar:

  1. Mas, untuk bibit cabutan berapa harganya perbatang...boleh tidak pesen sedikit saja dibawah 500 batang?

    BalasHapus
  2. apa ada penerimanya jika saya tertarik tanam jabon ?

    BalasHapus

Berikan KOMENTAR POSITIF !!! Ada yang bagus dengan artikel diatas? Atau anda punya opini sendiri? Atau mungkin ada pertanyaan yang mengganjal dalam pikiran anda? Berikanlah sebutir kata dan komentar.Karena ilmu itu harus digali dan di bagi kepada sesama. Oleh karena itu utarakan semua yang ada dibenak anda. Jangan hanya
diam dan terpaku.
BLOG INI DO FOLLOW