Rabu, 19 Januari 2011

Cara menanam Jabon


Dalam aspek penanaman tanaman jabon,kita perlu memperhatikan juga terhadap berbagai kondisi,diantaranya kontur tanah,kemiringan,curah hujan,dan keasaman tanah.
Dalam pelaksanaan pekerjaan penanaman bibit jabon kita perlu mempedomani hal hal diantaranya
1.       waktu penanaman :
a.       Penanaman bibit jabon dilakukan pada waktu musim hujan,terutama di bulan desember- maret,supaya kita tidak perlu menyirami,karena tahun 2011 ini diperkirakan terjadi  La Nina atau musim hukan disertai kemarau basah makan akan meningkatkan kemampuan jabon  bertahan disaat musim kemaeau.
b.      Jabon mampu bertahan dalam kemarau ,selama 4 bulan terkering mendapatkan  dan 10 x hujan/ penyiraman ringan.terutama di tahun pertama karena akar tanaman belum menyebar terlampau jauh.

2.        Persiapan Lahan
a.       Lahan yang digunakan untuk penanaman jabon biasanya lahan yang sudah bersih dari Semak atau ilalang,bila belum bersih perlu diadakan land clearing atau pembersihan lahan dengan cara mekanis dan cara kimia. Dara mekanis menggunakan parang dan cangkul sedangkan cara kimia bisa menggunakan herbisida roundoup.
b.      Pembuatan lubang tanam menggunakan ukuran 25 cm x25 x 25 ,Jarak tanam minimal 2x3 meter atau 3x3 ,atau 4x4 meter .setelah lubang dibuat masukkan furadan atau nematisida karena jabon yang masih tahap awal penanaman  sangat rawan terkena nematode yang akan membuat akar habis dimakan.penggunaan furadan mampu mematikan atau mencegah nematode akar.
c.       Pemupukan awal menggunakan Kompos 2 kg per lubang (minimal) dan pupuk npk 20 gr per lubang dicampur dengan media tanah yang diambil waktu pembuatan lubang.

3.       Penanaman Jabon
a.       Pada waktu menanam jabon,jangan terlalu keras memegang batang jabon karena akan mebuat luka,peganglah pada polybag tanaman .dan pada saat menanam ,batang tanaman jangan terlalu dalam terkena tanah,cukup polybag kebawah saja yang terendam.
b.      Siram,bila dirasa dalam hari ini tidak hujan,tetapi bila tanah masih basah segera siram.

Selanjutnya akan kami sambung dengan artikel mengenai perawatan jabon  dan pemeliharaan jabon serta tumpangsari jabon terbaik bagi  tanaman jabon.

1 komentar:

  1. sangat menarik Mas, saya tinggal di Bandung. di mana saya mendapatkan benihnya? berapa harga per batangnya?

    BalasHapus

Berikan KOMENTAR POSITIF !!! Ada yang bagus dengan artikel diatas? Atau anda punya opini sendiri? Atau mungkin ada pertanyaan yang mengganjal dalam pikiran anda? Berikanlah sebutir kata dan komentar.Karena ilmu itu harus digali dan di bagi kepada sesama. Oleh karena itu utarakan semua yang ada dibenak anda. Jangan hanya
diam dan terpaku.
BLOG INI DO FOLLOW