Selasa, 28 September 2010

MENANAM JABON DI LAHAN KRITIS

PENGERTIAN LAHAN KRITIS
Persepsi :- Lahan kosong / gundul
- Lahan tidak produktif
- Dll
Definisi :Lahan Kritis merupakan lahan yang keadaan fisiknya demikian rupa sehingga lahan tersebut tidak dapat berfungsi secara baik sesuai dengan peruntukkannya sebagai media produksi maupun sebagai media tata air.
PENYEBAB LAHAN KRITIS

- Perambahan hutan
- Penebangan liar (illegal logging)
- Kebakaran hutan
- Pemanfaatan sumberdaya hutan yang tidak berazaskan kelestarian
- Penataan zonasi kawasan belum berjalan
- Pola pengelolaan lahan tidak konservatif
- Pengalihan status lahan (berbagai kepentingan)
- Dll

AKIBAT LAHAN KRITIS
* Daya resap tanah terhadap air menurun sehingga kandungan air   tanah berkurang yang         
    mengakibatkan    kekeringan pada waktu musim kemarau
.* Terjadinya arus permukaan tanah pada waktu musim hujan yang mengakibatkan bahaya    
    banjir dan longsor.
*  Menurunnya kesuburan tanah, dan daya dukung lahan serta keanekaragaman hayati

Apabila kondisi tersebut diatas dibiarkan terus berlangsung maka pada akhirnya akan menyebabkan produktifitas lahan dan produksi pertanian menurun sehingga pada akhirnya akan menyebabkan kemiskinan masyarakat, khususnya masyarakat tani. ( diolah dari sumber BPDAS dan blog akuedan )


Tanaman Jabon dalam Rehabilitasi lahan kritis
,tanaman jabon ini bisa kita manfaatkan sebagai tanaman untuk konservasi di lahan kritis, untuk lahan kritis sangat membutuhkan unsur hara,tetapi karena lahan sudah mengalami kekurangan unsur hara maka bisa kita siapkan tipsnya yang ideal antara lain :
Pertama siapkan lubang tanam ukuran 35x35x35 cm
Kedua siapkan tanah yang diambil dari lahan yang subur ,yang diambil dari lapisan tanah atas atau top soil      dari kebun atau hutan,tanah ini sangat banyak mengandung bakteri pengurai atau jamur mikoriza alami ,selain itu      bisa   diambil dari bawah pohon yang besar,seperti yang diketahui bahwa mikoriza  bersimbiosis dengan      akar  sehingga menjaga kelembaban dimasa kekeringan dan cukup dibutukkan sekali seumur hidup      tanaman. ( sumber dari BIOTEK LIPI ).
Penggunaan lapisan Top soil ini minimal  2 kg per lubang dicampurkan pada saat  tanam.  Penggunaan Furadan atau diazinon sebagai pencegah uret dan nematoda akar,seperti yang diketahui       bahwa   akar jabon sangat banyak yang serabut kecil sehingga rawan dimakan uret tanah dan nematoda,    nematoda ini bila tidak ditangani di beberapa kejadian bisa menimbulkan "Sudden death " atau kematian      mendadak yang ditandai dengan pengguguran daun secara frontal.


untuk tahap pertama dibutuhkan npk 2 sendok makan per lubang,sebagai pemicu jabon tumbuh di lahan      kritis.pupuk kandang bisa diberikan sesudahnya dengan dosis 3 kg per tanaman setiap 6 bulan   sekali    ,untuk  tahap awal penanaman pupuk kandang matang 2 kg per lubang.    demikianlah tips penanaman jabon dilahan kritis ,untuk tips selanjutnya nanti bisa kita lanjutkan.

tabel contoh penggunaan mikoriza
Jenis Tanaman
Tinggi
Tanaman (cm)
Persentase kenaikan (%)

Tanpa Mikoriza
Dengan Mikoriza

Coklat (kakao)
28,14
43,64
35,5
Sengon buto
32,12
48,50
33,7
Kedelei
18,44
28,28
34,7
   
percobaan di Kabupaten Karangasem Propinsi Bali umur 4 dan 11 bulan
Umur Tanaman
(Bulan)
Parameter
Kontrol
Pupuk kandang
Mikoriza
4
Tinggi
44,4 cm
47,18 cm
93 cm
4
Lingkar batang
2.15 cm
2.57 cm
3.11 cm
11
Tinggi
89 cm
154.5 cm
289 cm
11
Lingkar batang
2.79 cm
4.8 cm
7.88 cm



Sumber dari ; Kamus ilmiah.com

2 komentar:

  1. Nice Article, inspiring. Aku juga suka nulis artikel bidang bisnis di blogku : http://www.yohanwibisono.com, silahkan kunjungi, mudah-mudahan bermanfaat. thx

    BalasHapus
  2. To Bpk. Arda
    Kami punya lahan sawit berumur < 1thn,seluas 17 ha, apakah bisa ditumpang sarikan dengan jabon , tolong diberikan gambaran nya. terimakasih.


    itong-Bajuin Kab. Tala

    BalasHapus

Berikan KOMENTAR POSITIF !!! Ada yang bagus dengan artikel diatas? Atau anda punya opini sendiri? Atau mungkin ada pertanyaan yang mengganjal dalam pikiran anda? Berikanlah sebutir kata dan komentar.Karena ilmu itu harus digali dan di bagi kepada sesama. Oleh karena itu utarakan semua yang ada dibenak anda. Jangan hanya
diam dan terpaku.
BLOG INI DO FOLLOW