Selasa, 14 Juli 2009

karat tumor serang jawa tengah

Penyebab Penyakit Sengon Masih Misterius


KENDAL- Penyakit menyerupai tumor yang menyerang ribuan tanaman sengon di Kecamatan Plantungan, masih dianggap misterius. Sebab, Dinas Pertanian Pemkab Kendal hingga kemarin belum bisa memastikan penyebab timbulnya penyakit yang menyerang pucuk dahan itu.

’’Sampai sekarang kami belum mengetahui penyebab timbulnya penyakit yang menyerupai daging tumbuh di pucuk dahan pohon sengon tersebut. Namun, berdasarkan referensi yang kami dapat, penyakit itu disebut karat daun,’’ kata Kepala Dinas Pertanian pemkab Ir Subaedi, kemarin.

Penanggulangan penyakit karat daun, lanjut dia, sementara ini dianjurkan dengan memotong pucuk dahan yang terserang penyakit. ’’Kecuali dianjurkan agar memotong pucuk dahan pohon yang terjangkit, sampai sekarang belum ada obat-obatan pertanian maupun cara lain untuk menanggulangi penyakit tersebut,’’ ungkapnya.

Pemotongan pucuk dahan akan mengalami kesulitan, khususnya terhadap pohon sengon yang telah berumur. Sebab, pohon ini memiliki ketinggian belasan meter dan karat daun sulit dijangkau, karena berada di pucuk dahan yang kecil. Sedangkan untuk pohon sengon usia muda, berisiko mati apabila bagian pucuk dahan yang terserang penyakit dipotong.
Belum Diketahui
’’Untuk mengetahui penyebab dan cara penanganan penyakit yang menyerang pohon itu, kami telah berkonsultasi dan mengirim sampel karat daun ke balai penelitian tanaman kehutanan Pemprov Jateng. Namun, sampai hari ini hasil penelitian itu belum diketahui. Dinas juga membawa masalah tersebut dalam seminar di UGM Yogyakarta, tetapi juga belum diketahui cara penanganan dan penyebab munculnya karat daun,’’ kata Subaedi.

Dia mengemukakan, untuk mengantisipasi penyebaran penyakit yang menyerang tanaman sengon tersebut, pihaknya menganjurkan kepada petani agar membeli bibit di daerah yang masih aman dari karat daun, seperti membeli bibit di daerah Sragen dan Boyolali.

Bibit tanaman sengon yang dijual pedagang di beberapa daerah telah terjangkit karat daun. Kalau ditanam di Kendal, bukan tidak mungkin penyakit itu akan semakin menyebar.

Seperti diberitakan, ribuan pohon sengon di wilayah Kecamatan Plantungan, terjangkit penyakit tumor di pucuk dahan, yang belakangan disebut karat daun.
Kondisi ini menyebabkan para petani di daerah tersebut pusing, lantaran cara penanganan penyakit belum diketahui. Sebagian besar warga di lereng Gunung Perahu tersebut bergantung pada budi daya pohon sengon, karena mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi. untunglah ada jabon sebagai alternatif investasi yang baru (G15-37)
suara merdeka.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berikan KOMENTAR POSITIF !!! Ada yang bagus dengan artikel diatas? Atau anda punya opini sendiri? Atau mungkin ada pertanyaan yang mengganjal dalam pikiran anda? Berikanlah sebutir kata dan komentar.Karena ilmu itu harus digali dan di bagi kepada sesama. Oleh karena itu utarakan semua yang ada dibenak anda. Jangan hanya
diam dan terpaku.
BLOG INI DO FOLLOW