Selasa, 14 Juli 2009

budidaya pohon jabon

CARA BUDIDAYA POHON JABON
akan kami jelaskan bagaimana tanaman jabon  ditanam dan  jarak tanam pohon jabon pada umumnya :
Pola Hutan Rakyat bibit jabon Umumnya menggunakan jarak tanam 2 x 2,5 m. namun hasil pertumbuhan dan perkembangan diameternya tidak begitu cepat dan maksimal, cara ini biasanya digunakan untuk kayu sengon dan pohon sengon  masyarakat dengan membiarkan tumbuh liar dengan sendirinya ibarat hutan.





Perkebunan pada umumnya menggunakan jarak tanam yang direkomendasikan yaitu 4x3 m. jarak tersebut dapat memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan diameter batangnya,sebab radius lingkaran bayangan kebawah batang atas pohon adalah wilayah penyerapan unsur-unsur hara ditanah oleh akar pohon. jadi jarak 4 x 3 m adalah yang paling baik bagi pertumbuhan pohon jabon.
Cara Tanam :
Buka Lobang Lebar.40 x Panjang.40 x dalam 50 cm. (untuk bibit 40-50 cm)
Lalu masukan Kompos+NPK 2,5 gr (campur) sebagai pupuk dasar diendapkan dilubang setinggi 30 cm (dapat langsung tanam/3-7 hr kemudian baru tanam),kemudian masukkan bibit yang polibagnya sudah dibuka/disobek kedalam,dudukan yang benar/rata,lalu isi tanah kompos sebagai penutup akar dengan tanah setinggi 20 cm (jangan diterlalu dipadatkan),hingga tersisa lubang 10 cm sebagai kantong air.

Perawatan :
Semprot Pungisida dan instektisida secara aktip per 2 minggu sekali selama 3-5 bulan tergantung keadaan gangguan, agar daun tidak dimakan ulat.setelah daun cukup banyak pengusida sudah tidak perlu disemprotkan lagi,sebab daun tidak akan habis dimakan ulat sebab daun sudah banyak.

Pemupukan :
untuk pertumbuhan maksimal dapat dilakukan sampai usia 3 tahun, cukup kompos + NPK, Periode pemupukan 1-2 kali/setahun.
awal tanam - 1 Tahun : NPK 1 sendok makan (tabur jgn kena/menumpuk pada batang pangkal)
1 Tahun - 2 Tahun : Kompos 4 kilo + NPK 2,5 On
2 Tahun - 3 Tahun : Kompos 8 kilo + NPK 7,5 On

Dapat juga hanya dengan kompos :
1 Tahun - 2 Tahun : Kompos 10 Kilo
2 Tahun - 3 Tahun : Kompos 10 kilo

Kompos sangat penting peranannya,kompos berperan sebagai absorbent yg dapat menyimpan mineral & unsur hara dan memperlancar pertukaran kation didalam tanah. tampa kompos tanah semakin lama semakin jenuh,jika tanah jenuh pemberian pupuk menjadi sia-sia dikarenakan tanah jenuh tidak dapat lagi mengikat mineral sehingga pupuk yang diberikan tidak dapat mengurai kedalam tanah dan akan menguap atau tercuci, kompos memperbarui kondisi tanah dan menjadikan tanah disekitar pangkal pohon/akar menjadi lembab dan subur, dengan kompos pupuk yang diberikan dapat mengurai dengan baik sehingga akar menjadi mudah menyerap unsur hara tersebut.

Perawatan Kebersihan disekitar pohon jabon,agar sumber makanan akar tidak terganggu dan dapat maksimal diserap akar pohon.minimal perawatan sampai usia 1 tahunan,untuk selebihnya dapat juga dibiarkan,sebab daya serap akar sudah kuat. *by : Herwindo*

7 komentar:

  1. mantap ya dengernya,, mpe ngiler dapet laba mpe Miliaran,,,

    BalasHapus
  2. Selamat sore Pak Ardha,
    Saya sudah menanam jabon ini 12 bulan yang lalu, namun jarak tanam terlalu extrim, yakni 2x2m. mohon pencerahannya:
    1. Apa yang harus saya lakukan agar kelak dapat mencapai hasil optimal?
    2. Setelah berumur lebih dari 12 bulan, apakah pemberian pupuk bisa efektif untuk pertumbuhan selanjutnya, dan sampai umur berapa pemupukan bisa dilakukan?
    3. Jika iya, pupuk apa yang harus diaplikasikan?
    Demikian pertanyaan saya, akan kesudiannya memberikan pencerahan saya menyampaikan terimakasih.
    Salam.

    BalasHapus
  3. Selamat sore Pak Ardha,
    Saya sudah menanam jabon ini 12 bulan yang lalu, namun cara penanaman terlalu ekstrim, yakni 2x2m. Oleh karena itu dengan ini saya mohon pencerahannya, melalui pertanyaan, sbb:
    1. Apa yang harus saya lakukan agar kelak memperoleh hasil yang optimal?
    2. Setelah berumur lebih dari 12 bulan, apakah pemupukan masih perlu dilakukan?
    3. Jika perlu, sampai umur berapa dilakukan pemupukan, dan jenis pupuk apa yang di anjurkan?
    Demikian pertanyaan saya, atas pencerahan yang akan diberikan oleh Pak Ardha, saya menyampaikan ucapan terimakasih.
    Salam,

    BalasHapus
  4. Malem mas Ardha.. mw tanya niy.. Kalo misalx kompos diganti pupuk kandang aja gimana ya? apa mgkn hasilx beda? Terus,kalo jarak tanam 3x3 gimana? Thanx b4 for the answer..

    BalasHapus
  5. sy lagi tanam jabon di sukabumi mohon bimbingan

    BalasHapus
  6. untuk ph tanah 5 apakah perlu dikasih dolomit ?

    BalasHapus
  7. untuk ph tanah 5 apakah perlu dikasih dolomit ?

    BalasHapus

Berikan KOMENTAR POSITIF !!! Ada yang bagus dengan artikel diatas? Atau anda punya opini sendiri? Atau mungkin ada pertanyaan yang mengganjal dalam pikiran anda? Berikanlah sebutir kata dan komentar.Karena ilmu itu harus digali dan di bagi kepada sesama. Oleh karena itu utarakan semua yang ada dibenak anda. Jangan hanya
diam dan terpaku.
BLOG INI DO FOLLOW